Ben Kauffman, Sosok Jenius Dibalik Kesuksesan Quirky

Orang ini membuktikan bahwa bahkan ide yang paling aneh sekalipun bisa menjadi bisnis. Dan dapat membawa banyak uang. Itulah Ben Kaufman, pengusaha muda yang tidak pernah berhenti berinovasi dan mengeluarkan ide-ide brilian.

Semangat wirausaha Kaufman telah ditunjukkan saat ia berusia 18 tahun. Ketika ia bosan belajar matematika di sekolahnya di Huntingan, LI, sebuah ide tiba-tiba datang ke pikirannya. Ide itu tentang membuat kemasan iPod shuffle yang dapat dipasang di sepanjang leher dan jenis headphone. Dia menyebutnya “Song Sling”.

ben kaufman

Ben Kaufman saat diwawancarai di kantornya.

Kaufman juga membujuk orang tuanya untuk memberikan modal. Ibunya adalah pemilik sebuah toko sedangkan ayahnya adalah seorang pengacara. Orang tua Kauffman pun sepakat untuk menggadaikan rumahnya seharga US $ 185.000. Kaufman kemudian memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan bernama Mophie dan terlibat dalam pembuatan aksesoris iPhone. Nama Mophie itu diambil dari nama anjingnya, Molly dan Sophie. Pada bulan Mei 2005, dua minggu sebelum lulus di Portledge School, Kaufman pergi ke Cina untuk mencari perusahaan yang dapat mewujudkan gagasannya.

Ide Kaufman tentang pembuatan aksesoris pun akhirnya benar-benar memberinya banyak uang. Gadget besutan Apple itu laku keras sehingga banyak orang mencari aksesoris untuk lebih mempercantik gadget mereka. Banyak orang akhirnya menemukan aksesoris iPhone buatan Kauffman benar-benar unik dan keren.

Sejak saat itu, Kaufman yang telah mencicipi bangku kuliah selama enam minggu akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan mengejar impiannya bersama Mophie, yang terus berkembang untuk menghasilkan keuntungan lebih dari US $ 1,5 juta.

Ada sebuah kisah menarik tentang keputusannya untuk Drop Out (DO)

Kaufman masih di kelas untuk Kursus Bisnis Internasional ketika ia menerima telepon dari Cina sehubungan dengan produk Mophie terbaru. Dosen Kauffman, seorang profesor yang melihat Kaufman menerima telepon di tengah kegiatan belajar mengajar. Sang profesor pun memberi Kauffman dua pilihan: mematikan telepon atau meninggalkan kelas.

“Saya kemudian bertanya Dosen, apakah dia ingin aku mendengar teori omong kosong dari dia ketika saya memiliki kesempatan nyata untuk melakukan transaksi bernilai jutaan dolar. Saat profesor itu mengatakan “ya”, saya langsung berkata ‘peace’,? Aku pun meninggalkan ruang kuliah dan tidak pernah kembali , “kata Kaufman.

Dalam setahun, Mophie memenangkan penghargaan bergengsi “Best in Show “di MacWorld Expo yang diadakan di San Francisco pada Januari 2007. Kaufman telah menghabiskan seperempat juta dolar untuk mendapatkan 125 ide untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai produk Mophie.

Sebanyak 30.000 pemilih diminta untuk menentukan produk mana yang terbaik dari ide itu, akhirnya dipilih 125 pembungkus iPod juga dapat berfungsi sebagai pembuka botol dan gantungan kunci. Kaufman dan timnya menyadari gagasan bahwa dalam waktu 72 jam itu berhasil menjual lebih dari 10.000 produk di 28 negara.

Membangun Quirky

Quirky adalah perusahaan desain industri, berlokasi di New York City, yang menggunakan crowdsourcing untuk menentukan produk untuk dirancang dan diproduksi. Perusahaan ini menelurkan ide untuk produk baru melalui website; ide-ide yang dipilih oleh pembaca website, maupun oleh karyawan perusahaan. Produk yang dipilih bisa dirancang, diproduksi dan dipasarkan oleh Quirky. Penemu dan setiap kontributor lain kemudian akan mendapatkan sampai 30% dari setiap pendapatan yang dihasilkan.

Pengalaman di MacWorld Expo memberikan ide baru dalam pikiran Kaufman. Yaitu, bagaimana jika produk yang dihasilkan dari masukan dari banyak orang. Sebuah kelompok yang terdiri dari sekelompok orang akan menjadi metode bisnis baru yang menjanjikan. Kaufman kemudian menjual Mophie pada Agustus 2007 dan membuat sebuah cluster, sebuah website yang memegang ide yang berhubungan dengan teknologi. Kelompok ini yang menjadi cikal bakal Quirky.

“Kami tengah mengembangkan sebuah platform yang luar biasa,” kata Kaufman. Sekarang saya siap untuk membawanya ke dunia. ”

Kaufman meluncurkan Quirky.com pada 2 Juni 2009

Peluncuran situs Quirky

Di Quirky, pengguna bisa mendapatkan uang melalui sejumlah produk yang masih dalam pembuatan. Pengunjung yang memiliki ide-ide juga dapat mengirimkan idenya ke Quirky untuk dikembangkan bersama-sama. Juga tersedia produk jadi yang sudah siap dijual.

Bersama Quirky, Kaufman mengembangkan desain produk ke berbagai penjuru dunia. Ide yang muncul dari keramaian dibawa ke kehidupan.

Seseorang yang merasa dapat memberikan ide dan membayar ‘biaya pendaftaran’ proposal ide tersebut sebesar US $ 99. Anggota lain akan meninjau apakah usulan tersebut layak untuk direalisasikan atau tidak. Setiap minggu lebih dari 25.000 anggota akan memilih satu ide untuk dikembangkan menjadi satu produk nyata. Kaufman dan timnya akan membuat ide tersebut dalam bentuk gambar model tiga dimensi, lalu mengkonsultasikan harga. Anggota lain akan menentukan hal-hal seperti warna produk dan bagaimana kemasan sebelum penjualan resmi.

Jika sebuah produk tidak dipilih untuk diwujudkan, pemilik ide tidak akan mendapatkan pengembalian dana sebesar US $ 99 dolar yang telah dia berikan. Tapi pemilik ide akan mendapatkan semua produk data terkait yang telah dirumuskan oleh anggota Quirky.

Sebagai apresiasi bagi pihak yang memberikan masukan, para anggota mendapat apa yang disebut “rating pengaruh” untuk setiap proyek di mana mereka terlibat. Mereka yang memiliki peringkat yang baik akan dibayar oleh Quirky.

Jika sebuah produk dijual, Kaufman dan timnya mendapatkan US $ 0,70 sen dari setiap dolar keuntungan produk. Sementara US $ 0,30 sen diberikan kepada anggota yang membantu mewujudkan ide tersebut. Pemilik ide yang telah membayar US $ 99 akan mendapatkan 40% dari US $ 0,30 sen, atau sekitar US $ 0,12. Sisanya akan diberikan kepada pengguna yang paling berpengaruh. Perizinan produk yang telah dibuat sepenuhnya menjadi milik Quirky.

Menjadi Pengusaha Terkenal

Tindakannya yang unik menjadi profil langka yang dibahas dimana-mana. Sejumlah surat kabar berpengaruh seperti New York Times, USA Today dan New York Observer review menerbitkan profilnya. Kaufman juga muncul di berbagai majalah seperti Entrepreneur,Business Week, dan WIRED serta tampil acara televisi di CNBC, FOX Business News dan The Today Show. Pada tahun 2007, ketika ia berusia 20 tahun, Kaufman dinobatkan sebagai salah satu pengusaha terkemuka yang berada di bawah 30 tahun oleh Majalah Inc.

“Quirky didirikan karena mereka melihat saya seperti saya membuat sebuah produk yang digunakan orang. Saya ingin membuat banyak orang dapat merasakan sukacita yang saya rasakan,” kata Kaufman, yang mengatakan ia terkejut ketika melihat banyak ide yang muncul di Quirky malah berasal dari para pengunjung website-nya “Dari pengalaman saya, semua orang itu punya ide yang menarik.”

Misalnya, sebelum iPad diluncurkan pada Januari 2010, Quirky telah menjajakan pembungkus iPad dari karet yang merupakan inovasi seorang pengguna Quirky berusia 29 tahun, Michael McCoy dari Hampton.

Ketika buku itu dibuat, salah satunya dijual di Quirky Trek Support, ransel seharga US $ 130. Ransel Trek Support ini dilengkapi USB bertenaga baterai, juga dapat digunakan sebagai wadah untuk laptop yang praktis dan mudah dilipat ketika akan melalui pemeriksaan di bandara.

Suntikan Modal

Dalam rangka mengembangkan bisnis, Kaufman menerima suntikan modal sebesar US $ 6 juta dari kelompok investor yang dipelopori Ventures RRE. Kaufman yang sebelumnya memperoleh $ 1.600.000 kini mengelola Quirky yang memiliki 15 pekerja.

Sejumlah produk yang sebelumna hanya dijual di Quirky.com, kini juga mulai dijajakan di sejumlah toko besar di Amerika Serikat. Kaufman sendiri memiliki mimpi untuk mendirikan pabrik sendiri.

Leave a Reply

error: Content is protected !!