Berapa Usia Terbaik untuk Mendirikan Startup Sendiri?

Umur paling ideal mendirikan startup/bisnis adalah 18-30 tahun kira-kira. Saya menyebutnya Entrepreneurial Golden Age. Tentu saya tidak bilang di luar usia itu tidak memiliki kesempatan. Tapi mereka yang ada di usia tersebut memiliki banyak keuntungan/advantage sebagai berikut :

1. Idealis 

Di usia muda tersebut, umumnya kita masih idealis, kita punya mimpi dan tekad besar mewujudkannya tanpa seorangpun bisa menghalangi. Kadang orang tua dan kerabat bilang “ah ga mungkin lah”, tapi anak muda memang bebal dan keras kepala. Mereka nekad demi mewujudkan apa yang ideal baginya.

2. Tidak ada beban (Berani)

Di usia tersebut pula, kita belum memiliki beban. Sebut saja beban cicilan rumah, menafkahi istri, setoran ke orang tua, uang sekolah anak, dll. Hal-hal tersebutlah yang membuat banyak orang tidak mau mengambil resiko.

3. Low Cost

Pernahkah kita menyaksikan banyak mahasiswa berkegiatan dan tidak dibayar? sering sekali jawabannya. Tidak sedikit yang membantu dosen dan tidak mendapatkan apa-apa. Ini advantage sekali. Ketika memulai bisnis di awal, gaji adalah cost paling besar. Cost ini bisa ditekan dengan menggaji kecil diri sendiri (atau bahkan tidak digaji). Saya sendiri menjalani masa awal-awal Bukalapak dengan gaji total tidak mencapai 10juta per bulan, waktu itu kami ada beberapa orang.

(Achmad Zaky, Founder Bukalapak)

Leave a Reply

error: Content is protected !!