Bisakah Meraih Sukses Menjalani Bisnis Dropship?

bisnis dropship

Mampukah bertahan dan sukses di bisnis dropship?

Bisnis dropship merupakan bisnis yang sedang naik daun di Indonesia. Hampir semua orang yang ingin mencoba berbisnis online memulai usaha mereka dengan menjadi dropshipper. Meskipun untungnya sedikit, bisnis dropship lebih dari cukup untuk belajar berbisnis, mulai dari mengenal target market, mencari supplier produk yang baik, hingga customer service yang menawan.

Namun, karena saat ini sudah ada begitu banyak orang yang terjun ke bisnis dropship, apakah kita memiliki peluang untuk meraih sukses menjalani bisnis dropship sebagai dropshipper?

Tentu saja peluang itu ada namun tidak sebesar dulu. Ingat! margin keuntungan dalam bisnis dropship sangat tipis dan sulit untuk menaikkan profit karena sangat bergantung kepada pihak ketiga.

Meskipun begitu, untuk menjadi seorang dropshipper yang sukses bukanlah hal yang mustahil.

Kerja keras! Itu adalah kata kuncinya. Jangan lupakan bisnis dropshipping kini sudah menjadi bisnis yang mature alias cukup matang, dimana hampir semua orang yang berbelanja online sudah mengetahui model bisnis ini. Dan Anda bukanlah satu-satunya orang yang mencoba bisnis ini.

Jadi, untuk menjadi seseorang yang sukses di bisnis dropship Anda harus:

  • Berbeda – Pilihlah market yang belum banyak diketahui kompetitor atau penetrasi ke bisnis yang sudah populer, namun tetap tonjolkan kelebihan Anda. Fokus pada satu niche dulu dapat membantu. Jangan coba menjual semua barang, tetapi jual barang yang lain namun tetap memiliki koneksi dengan niche utama.
  • Otomatisasi proses – untuk mengurangi biaya. Dropshipping adalah bisnis yang membutuhkan banyak administrasi.
  • SEO & media sosial – Menjadi seorang ahli atau menyewa seorang ahli. Belajarlah cara meyakinkan orang adalah keterampilah yang harus Anda miliki terutama di dunia sosial media.
  • Customer service yang istimewa – usahakan calon pembeli Anda mampu berkomunikasi dengan lancar dengan Anda tanpa merasa ‘dijuali’ melulu. Buat mereka nyaman dan mereka gak akan segan-segan untuk mentrasfer isi rekening mereka demi produk Anda.
  • Jalin hubungan yang baik – Perusahaan dropship Anda akan membutuhkan banyak sekali hubungan dengan pegawai, supplier, perusahaan logistik, dll. Pastikan Anda memiliki hubungan yang baik dengan vendor-vendor Anda namun tetap jangan lupakan untuk melakukan kontrak di setiap hubungan bisnis.
  • Bersiaplah untuk tumbuh dan investasikan waktu dan uang Anda untuk kemajuan bisnis
  • Rapikan laporan keuangan – pastikan Anda tahu dengan jelas dan gamblang berapa keuntungan yang Anda dapatkan. Rencana finansial akan membantu Anda untuk fokus.

Demikianlah beberapa tips untuk menjalani bisnis dropship. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog OlPreneur.com. Selalu kami ingatkan Anda untuk berbagi konten-konten positif di media sosial Anda, salah satunya adalah artikel ini.

Azis White,

Owner Olpreneur.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!