5 Cara Branding Blog Agar Cepat Dikenal Orang

Disney melakukannya. Nike mempertahankannya. Apple membuat brandnya menjadi yang terpopuler dan termahal di dunia. Apakah anda ingin melakukan branding juga terhadap blog anda? Kalau anda belum mengetahui pentingnya branding bagi usaha, barangkali anda perlu membaca beberapa artikel seputar branding.

5 cara branding blog

Inilah 5 cara branding blog yang akan membuat blog Anda populer

Blog branding, begitu istilah yang saya sebut untuk melakukan branding terhadap blog. Tidak ada defisini untuk Blog Branding yang tepat. Namun bagi anda yang ingin mengutip artikel ini bisa menulis bahwa blog branding adalah sebuah usaha untuk memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung blog anda melalui promosi nama blog anda, tampilan, pengalaman, dan misi atau tujuan kenapa blog anda eksis di internet. Bahasa singkatnya kira-kira begitu.

Kedengarannya gampang kan? Ohhh tidak begitu… Melakukan branding terhadap blog bisa jadi merupakan hal yang cukup sulit bagi blogger. Lalu bagaimana?

Berdasarkan pengalaman saya di dunia internet selama hampir 2 tahun ini, ada setidaknya 5 cara untuk branding blog.

  1. Nama

Carilah dan pilihlah nama yang orisinil dan unik untuk blog anda. Sebagai contoh blog OlPreneur.com ini. OlPreneur sendiri sebenarnya bukanlah kata yang punya arti apa-apa. Ide saya hanya menggabungkan kata Online dan Entrepreneur sehingga terdengar lebih catchy bagi saya. Biarpun blog ini belum begitu terkenal, setidaknya blog OlPreneur memiliki pembaca setia yang selalu menantikan tulisan-tulisan terbaru saya.

Selain itu, usahakan nama domain blog anda menggunakan ekstensi .com. Karena itulah yang paling diingat orang. Bayangkan situs sebesar KasKus saja rela mengganti domainnya dari Kaskus.us menjadi KasKus.com, yang kemudian diredirect ke Kaskus.co.id. Karena menurut data dari kaskus ada begitu banyak visitor yang salah mengetikkan nama domain mereka.

Saran saya pilihlah nama blog yang pendek, agak ‘imut’, mudah diingat, mudah diucapkan, dan juga sesuai tema blog itu sendiri.barangkali butuh waktu bertahun-tahun untuk medapatkan nama domain blog yang sempurna, tapi sebuah nama dapat membedakan anda dari 70 juta blog yang ada di luar sana.

  1. Tujuan

Memiliki tujuan yang jelas juga merupakan cara branding yang baik. Setidaknya itu memberikan anda fokus pada topik blog yang anda tulis, mengarahkan anda pada keyword tertarget untuk meningkatkan SEO blog, dan juga menyediakan anda waktu untuk berpikir dan menemukan apa yang menjadi pembeda antara blog anda dengan blog yang di niche yang sama. Pastikan tujuan anda untuk branding blog jelas dan mudah dipahami para pembaca Anda.

  1. Design

Barangkali cara branding terbanyak yang dipikirkan oleh blogger ketika melakukan branding blog adalah dengan membuat atau memberikan visitor tampilan desain blog yang unik. Tentu saja hal itu emang benar. Hanya saja, tidak semua orang mempunya basic pemrograman yang kuat sehingga mampu menghasilkan desain blog yang stand out from the crowd. 

Lalu bagaimana untuk tetap memberikan desain blog yang menarik pada visitor?Mainkan warna background atau tulisan, cari font yang keren, dan juga bikin logo sendiri yang menunjukkan keunikan blog anda. Untuk sebuah logo blog ini saja saya bahkan membayar uang tidak sedikit kepada seorang desainer karena saya ingin logo blog tersebut mewakili apa yang saya inginkan dari blog OlPreneur ini.

  1. Konsistensi

Coba pikirkan dengan cepat, apa warna yang digunakan oleh Apple? Bagi saya, bahkan sebuah nama ‘Apple’ dapat memberikan perspektif image tentang desain yang elegan, warna putih yang mencolok, dan juga logo apel tergigit. Remember! Apple sells commodity. They sell gadget. Tapi ketika anda mendengar dan berpikir tentang Apple, ada sesuatu yang ‘berbeda’ dari kebanyakan merek HP lainnya.  Itulah pentingnya sebuah konsistensi.

Apple tidak pernah berhenti melakukan inovasi untuk memberikan penggunanya pengalaman terbaik ketika menggunakan sebuah handphone atau laptop. Ketika banyak produsen HP Cina menjual hp Android dengan kemampuan cukup ‘wah’ dengan harga murah. Apple tetap bertahan dengan harga yang ‘mahal’ dan tetap melakukan inovasi seperti yang biasa mereka lakukan.

Lihatlah sekarang! Apple seolah tak terbendung langkahnya, Samsung yang menjadi rival terberat mereka pun mulai goyah. Itulah kekuatan dari konsistensi. Jadi kosistenlah dengan gaya menulis Anda dan itu akan membuat branding blog Anda naik dengan cepat.

(Wajib Baca: Kisah Drew Houston Tolak Tawaran Apple Demi Dropbox)

  1. Publikasi

Keluarlah dari sarang anda! Cari visitor (kalau bisa link back haha) ke blog anda, apakah itu dengan berkomentar atau dengan blogwalking. Gunakan social media seperti StumbleUpon atau Technorati, atau kirim email ke orang lain tentang blog anda. Cara terbaik untuk membuat blog anda mendapatkan perhatian banyak orang adalah dengan menjadi Guest Blog di situs atau blog lain yang lebih populer. Selain itu, personal branding anda pun akan naik dengan cepat lewat blog.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai branding blog yang menurut saya cukup baik untuk diterapkan baik oleh blogger pemula maupun mastah. Eh, hampir lupa saya juga punya Facebook Fanspage yang biasa saya gunakan untuk berbagi informasi dengan para pembaca setia saya. Mungkin Anda tak tertarik, tapi kenyataannya 13.900-an tidak mungkin salah dengan bergabung menjadi anggota komunitas saya.

Saya yakin Anda juga suka dengan isi postingan di fanspage saya apabila Anda telah sejauh ini membaca postingan di blog saya. Klik disini >> http://bit.ly/2hdp7Mp untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog ini ataupun dari saya langsung ke beranda Facebook Anda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!