Cara Menjadi Karyawan Yang Lebih Kaya Dari Pengusaha

Mungkinkah menjadi karyawan yang lebih kaya dari pengusaha? Menjadi karyawan ataupun pengusaha merupakan pilihan karir bagi setiap orang. Banyak karyawan yang ingin segera resign dari tempat bekerja karena ingin menjadi pengusaha. Namun tak sedikit pula mereka yang telah terjun ke dunia wirausaha menemui hambatan dan rintingan yang membuat mereka akhirnya kembali menjadi pekerja.

karyawan yang lebih kaya dari pengusaha

Cara menjadi karyawan yang lebih kaya dari pengusaha.

Memulai bisnis merupakan sesuatu yang tidak terlalu sulit. Menjadikan bisnis itu tumbuh dan berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan dan mampu meraup profit tinggi adalah persoalan yang lain. Bagi Anda yang masih menjadi karyawan (sama seperti saya) ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk terjun berwirausaha. Fakta terpentingnya adalah 9 dari 10 usaha gagal/bangkrut di tahun pertama.

Lalu bagaimana solusi untuk memiliki pendapatan yang tinggi tanpa harus terburu-buru meninggalkan pekerjaan di kantor dan menjadi pengusaha?

Jawabannya hanya satu yaitu dengan menjadi INVESTOR. Dalam buku Rich Dad Poor Dad, ada 2 tipe orang yang berada di kaudran kanan yaitu Business Man dan Investor. Karena waktu sudah tersita di kantor, maka solusi terbaiknya adalah dengan menjadi investor.

Yang diajarkan ada 7 kunci menjadi kaya sebagai investor dan membuat Anda menjadi karyawan yang lebih kaya dari pengusaha:

1. Mulailah menggemukan pundi2mu

meningkatkan pendapatan sebagai karyawan

Berapapun pendapatanmu tabung minimal 1/10 dari pendapatanmu (tidak usah terlalu ambisius, cobalah dulu 1/10 untuk awal, kalau 1/10 tidak masalah, naikan secara bertahap). Tabung selalu di awal terima uang, bukan setelah terima uang, dibelanjakan, sisanya baru ditabung. Pasti habis tidak bersisa, tidak jadi menabung.

Pertanyaan pertamamu pasti, “income saya sudah sedikit, bagaimana mungkin saya menabung?”

Cobalah, begitu menerima gaji, tabung 10% dari gajimu ke tempat yang tidak bisa diambil (kalau bank, pilihlah bank yang tidak ada ATM-nya sekalian, cabangnya sedikit pula) secara ajaib, manusia memiliki kemampuan beradaptasi. Termasuk beradaptasi dengan income-nya. ternyata uang senang berkumpul dengan uang. Sehingga semakin sering kita menabung, uang datang semakin mudah.

2. Kendalikan pengeluaranmu

Berapapun gaji tidak pernah cukup, banyak orang gaji UMR merasa tidak bisa menabung, tapi banyak juga orang bergaji 10x bahkan 30x UMR tidak bisa menabung. Kenapa beda gaji, tapi hasil sama? Sama – sama tidak bisa menabung? Karena pengeluaran yang kita anggap perlu, selalu naik mengikuti gaji / penghasilan kita. Kita selalu kesulitan membedakan, mana yang perlu, dan mana yang hanya sekedar keinginan – keinginan kita. Pertanyaannya pasti… saya ini hidup untuk bahagia, untuk bebas, tidak mau diperbudak oleh hidup hemat.

Kemampuan menunda menikmati hasil adalah kunci orang sukses. Sebuah penelitian pernah membuktikan, anak-anak yang bisa menahan 30 menit tidak memakan 1 buah permen untuk mendapat hadiah 1 buah permen tambahan pada percobaan di laboratorium, ternyata di kemudian hari terbukti secara signifikan lebih sukses dalam hidupnya, dibanding anak-anak yang langsung memakan 1 buah permen, tanpa memperdulikan hadiah 1 buah permen tambahan. (kesimpulannya, setelah ini, ajari anak Anda menahan keinginan makan 1 permen dan menunggu 30 menit utk dapat permen tambahan… hehehe).

Petani yang terjebak sistem ijon, tidak pernah kaya-kaya. Orang yang rajin menabung dan hidup hemat, terbukti kaya di hari tua-nya. Belanja harus selalu tertulis, pisahkan mana yang benar-benar perlu, dan mana yang keinginan tidak perlu.

3. Lipat gandakan emas kalian

cara membeli emas murah

Ini adalah kunci dari 7 kunci untuk menjadi karyawan yang lebih kaya dari pengusaha. Investasikan pundi-pundi kita. Hasil investasi harus diinvestasikan lagi. Hasil investasi dari hasil investasi harus diinvestasikan lagi, dst.

Compounded Rate merupakan kunci kekayaan investor terkaya saat ini. Warren Buffet (WB). WB kaya bukan karena mendapat lotere atau menemukan harta karun, tapi WB berinvestasi sejak muda, dengan tingkat pendapatan setara hanya 21,6 % setahun. 21,6 % setahun ini dalam 50 tahun waktu investasi WB, bukan 21,6 % x 50 = 1080 % tapi 21,6 % dalam 50 tahun adalah 1.826.163%. mencapai 21,6 % per tahun dalam 1 tahun, mudah, tapi dalam 50 tahun tidak mudah. Sebagai gambaran S&P 500 hanya 9,9% per tahun dalam 50 tahun terakhir.

Bunga deposito di Indonesia sekarang 5,5% – 7,25% per tahun. Deposito untuk langkah awal bagus. Tapi teman-teman juga harus mulai mencari alternatif yang AMAN untuk langkah selanjutnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!