Beberapa Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Download Software Gratisan

Software gratis (freeware) menjadi salah satu keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna di internet. Namun sayangnya tidak semua software gratis itu aman. Banyak pihak (oknum) yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan software gratis sebagai “senjata” (trojan, malware, adware atau spyware) untuk menginfeksi komputer demi keuntungan pribadi mereka.

download software gratisan

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum download software gratisan

Untuk itu sebelum mendownload software gratis, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa software tersebut aman dan terpercaya. Menentukan apakah sebuah file yang didownload itu aman atau tidak merupakan sebuah skill dasar yang perlu dikuasai oleh pengguna komputer, terutama pengguna Windows.

Bagi pengguna komputer yang sudah “terlatih”, biasanya mereka sudah memiliki “insting” tentang aman atau tidaknya suatu software. Tetapi bagi pengguna komputer pemula, menentukan aman atau tidaknya suatu software tidaklah mudah.

Untuk itu melalui artikel ini Om Azis White akan menjelaskan 6 hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mendownload software gratisan di internet dari Olpreneur.com yaitu :

  1. Pastikan berasal dari pengembang yang dipercaya.

Sebelum melakukan downloading sebuah software (aplikasi maupun game) di dunia maya, perlu untuk anda untuk mengetahui mengenai developer (perorangan maupun perusahaan) yang membuat software tersebut. Nama-nama terkenal layaknya Google, Microsoft, Opera, AVG atau developer kecil yang sudah terpercaya bisa menjadi alasan anda untuk mendownload software tersebut. Untuk software buatan pengembang yang tidak terkenal (terpercaya) atau yang belum dikenal, bisa diatasi dengan memastikan website official mereka atau bisa juga googling untuk mencari review tentang developer tersebut. Cara ini mutlak perlu dilakukan sebelum mendownload software (aplikasi dan game) bahkan itu dari market yang terpercaya sekalipun layaknya Windows Store, Google Play atau Apple Appstore sekalipun.

Selalu untuk mendownload software langsung dari situs resmi sang developer, bukan dari situs palsu yang biasanya banyak bertebaran di internet. Dalam melakukan Googling, biasanya situs resmi developer aplikasi akan ada dibagian paling atas dari kolom pencarian.

  1. Selalu download dari situs yang dipercaya.

Untuk software yang disimpan di selain situs official, pastikan kamu mendownload dari situs yang terpercaya. Misalnya saja untuk software Windows kamu bisa mendownload dari CNET Download atau Filehippo, sedangkan untuk software open source kamu bisa mendownload dari Sourceforge.

  1. Selalu cek review sebelum mendownload.

Beberapa situs download biasanya akan menyertakan review dari software tersebut. Tetapi tidak ada salahnya untuk googling mencari review tambahan. Coba ketikkan “nama software review” di Google, kemudian cari referensi dari beberapa pengguna software tersebut. Biasanya kamu akan menemukan kelebihan dan kekurangan software tersebut dari pengguna yang sudah mencobanya.

  1. Selalu scan terhadap virus sebelum mendownload.

Untuk software yang disimpan di selain situs official, pastikan kamu mendownload dari situs yang terpercaya. Misalnya saja untuk software Windows kamu bisa mendownload dari CNET Download atau Filehippo, sedangkan untuk software open source kamu bisa mendownload dari Sourceforge. Untuk urusan update, situs diatas bisa dibilang sangatlah lengkap, cepat dan juga tidak perlu khawatir mengenai virus dan lainnya.

  1. Selalu perhatikan proses instalasi.

Software gratis biasanya dilengkapi dengan toolbar atau aplikasi lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Perhatikan proses instalasi dengan seksama, dan hilangkan centang instalasi toolbar atau crapware yang disertakan di installer tersebut.

  1. Install secara Terisolasi (Opsional)

Jika kamu tidak yakin dengan keamanan software yang kamu download, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu di Virtual Machine (Oracle VMWare) atau di Sandbox menggunakan Sanboxie. Software yang diinstall secara terisolasi tidak akan mempengaruhi sistem utama. Jadi jika software tersebut membuat sebuah perubahan yang merusak, sistem komputer kamu tidak akan terpengaruh.

Itulah 6 hal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mendownload dan menginstall software gratis. Mungkin 6 hal tersebut terlihat ribet pada awalnya, tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan “insting” kamu untuk membedakan software mana yang aman dan mana yang tidak akan semakin terasah.

Bila Anda merasa postingan ini bermanfaat, silahkan bagikan melalui sosial media Anda. Kami sangat berterima kasih apabila Anda membantu kami menyebarkan informasi yang baik dan bermanfaat di sosial media. Hal tersebut perlu kita lakukan bersama agar isi beranda media sosial kita tidak berisi hoax dan artikel fitnah dan kebencian.

Leave a Reply

error: Content is protected !!