3 Kesalahan Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari oleh Setiap Orang

Kesalahan Keuangan Pribadi

Pada dasarnya, mengatur keuangan pribadi merupakan kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bebas finansial. Dengan mengatur keuangan pribadi, seseorang mampu memiliki cukup tabungan untuk masa sekarang, dan masa depan. Kemampuan mengatur keuangan pribadi yang baik bahkan mampu membuat seseorang memiliki cukup uang dan simpanan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, kecelakaan, hingga kematian salah satu anggota keluarga.

keuangan pribadi, cara mengatur keuangan pribadi, mengatur keuangan pribadi,cara mengelola keuangan pribadi, cara mudah mengelola keuangan pribadi

Namun, yang justru banyak terjadi saat ini adalah kondisi keuangan keluarga yang sangat rapuh. Ada begitu banyak penyebab kenapa kondisi keuangan Anda begitu rentan terhadap goncangan finansial.

Beberapa diantaranya:

Inflasi gaya hidup

Setelah kenaikan gaji, kebanyakan orang akan mengalami inflasi gaya hidup yaitu kondisi dimana mereka akan meningkatkan gaya hidup sesuai gaji mereka yang baru. Kebanyakan orang akan menghabiskan uang untuk membeli barang-barang untuk meningkatkan status sosial mereka, ataupun memenuhi keinginan pribadi seperti memberi barang mewah, beli mobil atau motor baru, dsb. Hindari keinginan untuk meningkatkan pengeluaran secara sembrono meskipun ketika Anda melihat orang lain tampaknya orang tersebut lebih sukses, lebih bahagia, dan lebih keren di mata Anda. Sebab ketika Anda melakukan itu, Anda akan kehilangan kemampuan untuk mengatur keuangan Anda secara sehat.

Tidak mencatat pengeluaran

Entah itu uang pinjaman dari keluarga/teman ataupun pengeluaran Anda di akhir pekan bersama keluarga, tidak mengetahui kemana uang Anda habiskan bisa memberikan konsekuensi yang besar. Catatlah pengeluaran Anda sehingga Anda mengetahui berapa persen dari uang Anda yang habis bulan ini, untuk kegiatan apa saja, dan langkah preventif untuk menguranginya.

Baca Juga: Kenapa sih Susah Banget Menabung itu?

Tidak punya tabungan

Selalu miliki tabungan, dan ketika ada pemasukan usahakan untuk terus menabung, menabung, dan menabung. Tabungan menjamin Anda untuk memiliki cukup Anda untuk kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Masalahnya, kebanyakan orang tidak memahami fundamental ini. Mereka gagal menabung karena salah pola pikir. Mereka biasanya ‘menghabiskan’ uang dulu baru menabung. Bila seperti ini, uang Anda pasti akan habis duluan. Coba ganti, menabung dulu baru menghabiskan sisanya. Akhirnya ketika tidak memiliki uang mereka memilih solusi jangka pendek yang berbahaya seperti hutang, memakai kartu kredit, dan pinjaman dengan bunga tinggi (rentenir) ds.

Semoga artikel ini menambah wawasan Anda agar tidak memiliki kesalahan serupa dalam mengelola keuangan pribadi Anda.

Saya juga aktif di Instagram. Silahkan follow akun saya @Olpreneur. Anda sangat boleh untuk tidak follow akun saya, hanya saja apa Anda tidak merasa rugi ketika telah ribuan orang follow akun saya dan mendapatkan motivasi dan inspirasi setiap harinya, sedangkan Anda masih sibuk galau sendiri.Kalau saya jadi Anda sih saya gak mau. Toh follow juga gak ada susahnya. Justru manfaatnya yang sangat banyak.

Leave a Reply

error: Content is protected !!