Kisah Sukses Pendiri WordPress Matt Mullenweg

Online Entrepreneur – Kalau anda adalah seorang blogger tapi tidak tahu nama pemuda satu ini maka anda sungguh-sungguh keterlaluan. Kenapa? Karena pria ini adalah pendiri platform blogging terpopuler di dunia saat ini, WordPress.

Yuk simak dan cari tahu perjuangan Matt Mullenweg membangun WordPress dari sebuah software biasa menjadi Content Management System terpopuler di dunia hingga ia dianggap sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam dunia online. Ia adalah sedikit dari orang yang mengubah wajah Internet.

Siapa itu Matt Mullenweg?

kisah sukses pendiri wordpress matt mullenweg
Yap, pertanyaan yang bagus sekali untuk memulai sebuah artikel inspiratif. Matt Mullenweg adalah pendiri WordPress (lahir di Houston, Amerika Serikat tahun 1984) . Worpress adalah sebuah aplikasi open source yang kerap digunakan sebagai blog engine. WordPress dibangun dengan bahasa PHP dan MySQL. Uniknya ia tidak menempuh pendidikan di bidang programmer atau IT melainkan jurusan Seni Visual dan Pertunjukkan. Ia bahkan seorang pemain saksofon yang handal. Matt Mullenweg membuktikan meskipun bidang studinya bukan teknologi komputer dan programming, ia tetap mampu menerbitkan produk yang digunakan jutaan orang di dunia lewat WordPress. Lalu darimana ia bisa sukses mengembangkan WordPress hingga seperti sekarang?

Sejarah perkembangan WordPress

sejarah wordpress

Pada Juni 2002, lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Matt Mullenweg pergi ke liburan ke Washington DC, di mana ia peri berlibur sebagai turis yang mengambil banyak foto setelah ia berpartisipasi dalam kompetisi Tantangan Fed Nasional. Ketika kembali ke rumah, ia ingin berbagi secara online gambar yang pernah ia buat. Matt mulai menggunakan perangkat lunak blog b2/cafelog, tapi dia tidak sangat senang dengan fungsi dan interface yang ditawarkan , sehingga ia memutuskan untuk mengembangkan platform blogging sendiri yang sekarang dikenal sebagai WordPress.

Setelah berhenti bekerja di CNET Networks pada tahun 2005 ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Automattic – senjata rahasia di balik proyek open source yang ia dikembangkan. Kemudian Matt mengajak temannya, Mike Little, untuk mulai mengembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang kita kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Setelah mendirikan WordPress, pada Maret 2003, Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari kode html. Tak lama setelah ia mendirikan WordPress, Matt menyadari bahwa postingan yang bagus kalau tidak tampil di halaman awal Google akan sulit ditemukan oleh pengguna internet lainnya. Ia pun akhirnya meluncurkan fasilitas Ping search engine bernama Ping-O-Matic, yang fungsinya untuk mengirim ping notifikasi kepada search enginge yang ada di dunia seperti Yahoo!, Google, hingga Technorati. Saat ini, Ping-O-Matic melayani lebih dari satu juta ping setiap hari. Matt juga meluncurkan sebuah fasilitas anti komentar spam bernama Akismet.

Seperti kebanyakan jagoan teknologi sukses lainnya, Matt Mullenweg juga seorang mahasiswa Drop Out. Namun ia berhasil mematahkan stigma kalau untuk sukses itu anda harus tamat kuliah. Ia mengejar passionnya dan bekerja sangat keras demi impiannya. Berkat kerja keras dan ketekunan, ia berhasil membuat WordPress menjadi platform bloggingterbaik di dunia. Ia pun kini menjadi pengusaha muda kaya dan sukses. Ia sendiri dinobatkan sebagai salah satu “50 orang terpenting di dunia internet” oleh PC World.

Meskipun Automattic adalah fokus utamanya, Matt Mullenweg juga membuat investasi di dunia startups melalui perusahaannya Audrey Capital. Dia baru-baru menginvestasikan uangnya untuk Foodzie – sebuah pasar online di mana konsumen dapat menemukan dan membeli makanan langsung dari produsen kerajinan kecil.

Matt juga menjalankan blog pribadinya dengan WordPress di laman ma.tt

(Terkait: 10 kisah bisnis online sukses yang dibangun dengan WordPress)

Awal perjuangan mahasiswa DO (Drop Out)

Pada tahun 2004, nasib buruk menimpa Matt dalam bidang pendidikan formal. Ia drop-out alias DO dan pindah dari Houston ke San Fransisco (California) untuk bekerja pada CNET Networks selama setahun.

Pekerjaannya di CNET selama setahun merupakan masa-masa terakhir Matt bekerja di suatu perusahaan. Sebab ketika ia menginjak 21 tahun, Matt berhenti bekerja di CNET dan ia menghabiskan waktunya untuk mengembangkan WordPress. Tidak lama setelah ia resign, ia pun meluncurkan aplikasi Akismet yang fungsinya sebagai permblokir komentar dan trackback yang dinilai sebagai spam.

Matthew memutuskan WordPress terbuka untuk kalangan umum di seluruh dunia pada November 2005. Di tahun yang sama, Matt meluncurkan Automattic yang menjadi perusahaan bisnis untuk mendukung performa WordPress dan Akismet.

WordPress pun kini mengembangkan versi mobile dan aplikasi mobile mereka mengingat perkembangan dunia mobile yang sangat pesat. Buat anda yang ingin berjualan dengan menggunakan WordPress sangat penting untuk mempunyai tampilan yang responsive dengan tampilan mobile. Berikut top 5 theme responsive mobile WordPress terbaik.

Rahasia kesuksesan Matthew Mullenweg

matt mullenweg

Daya pikir yang kreatif dan inovatif serta sikap pantang menyerah yang ada pada diri Matt Mullenweg telah membawa dirinya menjadi salah seorang online entrepreneur tersukses di dunia saat ini. Di usia yang belum genap 30 tahun, ia disinyalir telah memiliki kekayaan sekitar $250 juta (sekitar Rp 2,5 Triliun)

Kesuksesan dan kepopuleran WordPress telah membawa Matthew berada di posisi 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 2007. Dari 50 orang yang ada dalam daftar tersebut, Matt adalah yang termuda karena baru berusia 23 tahun saat itu.

Dengan fasilitas yang mudah digunakan, interface menarik dan layanan yang baik, WordPress berhasil memikat jutaan pengguna. Tiap harinya ada ratusan ribu posting yang masuk ke database WordPress. WordPress.com pun masuk dalam daftar 20 situs terpopuler di dunia. Bahkan beberapa situs terpopuler di dunia juga menggunakan WordPress.

Leave a Reply

error: Content is protected !!