Tanpa Disadari, Beberapa Pekerjaan ini Benar-benar Membuang Waktu Anda

Dalam hidup, manajemen waktu merupakan salah satu skill yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai kesuksesan. Memang terdengar mudah, namun pada prakteknya sangat sulit sekali untuk mengelola waktu.

Dan tahukah Anda kalau dalam kehidupan Anda ada beberapa pekerjaan yang sangat-sangat membuang waktu Anda secara sia-sia, dan anehnya Anda pun begitu senang melakukannya. Tak heran, sebab kegiatan yang menyenangkan dan menghabiskan waktu cukup banyak ini memang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja kegiatan yang membuang waktu Anda secara sia-sia?

  1. Nonton TV

menonton tv, nonton tv

Menonton TV adalah pekerjaan sia-sia yang paling banyak membuang waku Anda

Menonton TV merupakan kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktu manusia secara sia-sia. Duduk di sofa sambil menonton acara kesukaan memang sangat mengasyikkan. Namun waktu Anda yang terbuang ketika menonton televisi tak akan pernah kembali lagi. Ada banyak kegiatan produktif untuk dilakukan ketimbang menonton televisi. Sayang beberapa orang terlalu malas untuk melakukannya.

Saya berhenti menonton TV sejak tahun 2007. Dan sejak saat itu saya mengganti kebiasaan menggunakan waktu luang untuk membaca buku atau membaca artikel tentang topik tertentu di internet. Membaca membuat otak kita berpikir, sedang menonton justru “menidurkan” aktivitas otak kita.

2. Mempunyai pasangan

memiliki pasangan agar tak kesepian

Memilik pasangan hanya agar Anda tak ingin merasa kesepian adalah hal yang sangat menghuras waktu dan tenaga.

Tak ada salahnya dengan mempunyai pasangan dalam hidup ini, justru sangat dianjurkan. Masalahnya adalah alasan kenapa Anda menghabiskan waktu dengan orang tersebut.

Bersama dengan orang yang Anda cintai dan mencintai Anda adalah anugerah terbesar dalam hidup. Tapi menghabiskan waktu bersama seseorang hanya agar Anda tidak merasa kesepian dan bosan adalah pemborosan waktu, pikiran, dan uang.

3. Mencoba menyelesaikan masalah setiap orang

menyelesaikan masalah orang lain

Seringkali kita ingin menolong orang lain, tapi orang lain justru menenggelamkan kita!

Seiring berjalannya usia, Anda akan semakin matang secara pemikiran dan emosi. Dengan bertambahnya kematangan Anda, sering Anda tertarik untuk mencoba membantu setiap orang yang Anda kenal ketika mereka sedang tertimpa masalah.

Kalau Anda termasuk orang yang seperti itu, Anda sungguh memiliki jiwa sosial yang tinggi. Namun, sifat Anda yang terlalu baik justru akan menghabiskan waktu Anda sendiri karena Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengurusi orang yang sebenarnya bisa menyelesaikan masalah tersebut tanpa bantuan Anda.

4. Selalu ingin menang sendiri

selalu ingin menang sendiri

Selain menghabiskan waktu dan tenaga, memiliki sifat ini juga bikin Anda mudah dibenci orang lain.

Selalu ingin menang sendiri adalah sikap yang menjengkelkan banyak orang terlebih bila Anda ingin selalu memenangkan setiap pembicaraan yang Anda terlibat di dalamnya.

Terkadang lawan bicara Anda hanya ingin didengar, bukan malah dinasehati dan digurui. Atau ketika berbicara dengan rekan kerja, Anda selalu ingin menang tanpa ingin tahu pendapat orang lain.

Anda mungkin merasa menang, namun sejatinya Anda justru menghabiskan waktu Anda sendiri karena menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak terlalu berguna dan produktif.

5. Melakukan sesuatu karena orang lain

membantu orang lain

Hanya karena mereka orang yang penting bagi Anda, bukan berarti Anda harus melakukan setiap keinginan mereka

Sangat penting untuk menjadi anak yang baik, teman yang ramah, dan kolega yang nyaman bagi rekan dan keluarga Anda. Anda pasti pernah melakukan sesuatu yang Anda sendiri tidak suka bahkan membencinya, namun tetap melakukannya karena itu adalah hal yang diinginkan oleh orang tua / pacar / istri (suami) / saudara Anda.

Melakukan sesuatu yang tidak Anda senangi mungkin terasa benar namun sejatinya Anda telah menyia-nyiakan waktu hidup Anda yang berharga. Hiduplah untuk harapan dan cita-cita Anda sendiri.

Steve Jobs pernah berkata,“Don’t wasting your time living someone else’s life.”

Jangan habiskan waktumu menjalani kehidupan orang lain.

 

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

Leave a Reply

error: Content is protected !!