Ini Perbedaan Deep Web dan Darknet

Pernah mendengar istilah Depp Web dan Darknet?

deep web dan darknet

Internet kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Bahkan dapat dikatakan internet adalah kebutuhan pokok bagi masyarakat modern. Hampir segala hal bisa dilakukan via internet. Mulai dari beli pulsa, belanja pakaian, bahkan beli mobil bisa lewat internet!

Namun kecanggihan teknologi internet juga disertai dengan resiko yang sangat besar. Sebab jika tidak berhati-hati ketika menggunakan internet, maka Anda dapat menjadi korban kejahatan cyber.

Khusus kali ini, Olpreneur akan membahas topik yang sangat menarik untuk dibahas. Sesuai dengan judul diatas, kita akan membahas Deep Web dan Darknet.

Bagi sebagian orang yang awam mungkin tidak familiar dengan istilah Deep Web. Apakah Anda mengira kalau Deep Web adalah nama situs, maka Anda salah besar. Sebab Deep Web merupakan bagian dari internet itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya mengenai Deep Web, Anda bisa memperhatikan ilustrasi gambar dibawah ini:

Deep Web

Deep Web menggambarkan semua halaman web, forum, dan toko online tersembunyi yang tidak dapat diakses dan diindeks oleh mesin pencari umum seperti Google, Yahoo, dan Bing. Deep web menggunakan protokol seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan browser umum, seperti Chrome, Safari, dan Firefox.

Perumpamaan internet dewasa ini seperti gunung es. Hanya terlihat di permukaan saja, sedangkan ada bagian sangat besar yang tidak terlihat dan bisa dijangkau.

deep web di internet dan darknet

Lalu apa perbedaan deep web dan darknet?

Sekilas mirip dengan deep web, namun darknet juga memiliki semua halaman web, forum, dan toko online tersembunyi yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari. Bedanya adalah, kamu memerlukan aplikasi khusus seperti browser TOR untuk mengakses darknet. Browser TOR biasanya digunakan oleh hacker untuk menyamarkan dirinya di internet.

Namun ada kesamaan antara deep web dan darknet yaitu keduanya sering digunakan untuk aktivitas illegal seperti mendistribusikan barang dan jasa terlarang. Sebagian orang dapat membeli obat-obatan terlarang, senjata api, dan bahkan malware di deep web dan darknet. Bahkan ada yang memperdagankan manusia di deep web dan darknet.

Kelebihan darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih ketimbang deep web sehingga darknet lebih populer di kalangan penjahat cyber.

Alasannya adalah darknet dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak enskripsi dan simpul jaringan. Untuk bagaimana cara kerja browser Tor akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

Menelusuri dunia Darknet

Kesan pertama yang akan kamu dapatkan ketika mengunjungi darknet adalah KEBINGUNGAN. Sebab sangat sulit untuk menelusuri website seperti pada umumnya, karena website di darknet tidak terindeks di mesin pencari dan laman web nya susah sekali diingat.

Sebagai contoh, Anda tidak bisa mengetik alamat website seperti Detik.com atau OlPreneur.com di darknet. Anda harus mengingat alamat URL yang lebih panjang dan kompleks untuk mengakses website yang ingin Anda kunjungi.

Contohnya misal Anda ingin mengakses “Hidden Wiki” pada darknet, maka Anda harus mengetik secara manual di broswer TOR “kpvz7ki2v5agwt35.onion” untuk membukanya.

Anda dapat menemukan beberapa search engine di darknet yang memberikan hasil pencarian yang relevan dengan yang Anda cari, hanya saja hasilnya tidak seakurat yang biasa kamu dapatkan di Google atau Bing.

Legal atau Tidak?

Tidak semua hal yang terdapat di darknet bersifat ilegal, meskipun di sisi lain kamu dapat menemukan begitu banyak hal terlarang disana seperti orang menjual senjata api, narkoba, aplikasi bajakan, hingga anak-anak.

Ide awal di balik pembuatan darknet adalah untuk menyediakan akses informasi yang lebih menjaga privasi seseorang serta menghindari penyensoran pemerintah.

Perlu diingat, ketika Anda berselancar di darknet, Anda sedang bereksplorasi di suatu tempat tanpa aturan. Tidak ada yang membatasi dan Anda tidak terlindungi. Jadi tidak ada jaminan keamanan terkait apa yang Anda beli ataupun download. Tingkat penipuan di dunia darknet sangat tinggi sekali.

Ibaratkan di dunia nyata, darknet adalah lingkungan buruk atau lingkungan perumahan yang kumuh, dimana ada banyak orang yang cenderung berperilaku untuk melanggar aturan. memang sih ada beberapa orang baik di lingkungan yang baik, namun tetap saja Anda terlibat dengan aktivitas berbahaya kemungkinannya sangat tinggi. Jadi ketika Anda memutuskan untuk menjelajahi darknet, tolong berhati-hati!

Leave a Reply

error: Content is protected !!