Yuk Kenali Perbedaan Reseller, Dropship, dan Affliate Marketing

Saat ini di dunia marketing online ada begitu banyak peluang bisnis. Namun ada 3 peluang bisnis online yang paling populer berdasarkan jumlah modal awal yang rendah, tingginya permintaan pasar, dan kemudahan dalam memulai usaha.

Tentu saja, banyak kolega Anda yang menyarankan Anda untuk memulai bisnis secara online. Ada berbagai alasan untuk memulai usaha secara online mulai dari kecepatan menjangkau target pasar, kemudahan mencari order, hingga kecilnya modal awal untuk memulai usaha.

Secara garis besar, peluang usaha bisnis online dengan modal kecil terbagi menjadi 3 bisnis model utama yaitu reseller, dropship, dan affiliate marketing.

Apa saja Perbedaan Reseller, Dropship, dan Affliate Marketing? 

Mari kita uraikan satu per satu.

Affiliate Marketing

perbedaan reseller, dropship, dan affliate marketing - olpreneur, affiliate,affiliate marketing

Affiliate Marketing = Bisnis Rekomendasi

Affliate marketing sering disebut sebagai bisnis rekomendasi. Bisnis model dari affliate marketing adalah dimana tugas Anda sebagai pebisnis adalah merekomendasikan produk/jasa orang lain. Anda hanya perlu menemukan calon pelanggan yang tepat, dan dari setiap pembelian yang terjadi Anda akan mendapatkan komisi dari si penjual.

Affliate marketer umumnya membidik pasar internasional karena jangkauan yang lebih luas. Selain itu ada banyak sekali situs yang mempertemukan affiliate dengan pembuat produk di pasar internasional seperti Amazon, JVZoo, Clickbank, dll. Potensi bisnis ini sangat besar. Selalu ada peluang baru setiap harinya dari bisnis affiliate marketing.

Keuntungan: Peluang sangat besar dan terbuka lebar untuk siapapun
Kelemahan: Butuh skill teknis yang tinggi, persaingan global, dan kesabaran. (sulit mengharapkan hasil instan ketika terjun ke dunia affliate marketing.

Dropship

dropship,dropshipping,peluang bisnis dropshipping,kisa sukses dropship

Bisnis Dropship = Bisnis Makelar Online

Inilah model bisnis paling populer di Indonesia saat ini. Dropship dapat dikatakan sebagai bisnis makelar online. Ketimbang affiliate marketing, modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi pemain dropship jauh lebih murah dan mudah bahkan banyak pemain dropship awalnya bermain hanya bermodalkan smartphone. Mantap kan?

Cara kerja bisnis dropship adalah persis seperti seorang makelar / broker. Anda perlu menemukan supplier / pembuat produk tertentu, kemudian Anda mencari pembeli yang tertarik untuk membeli produk tersebut dari Anda. Anda bisa memanfaatkan sosial media ataupun aplikasi chatting untuk memasarkan produk tersebut. Ketika terjadi transaksi, Anda hanya perlu menyetor biaya modal Anda pada supplier, dan supplier akan mengirimkan produk tersebut langsung ke pelanggan Anda atas nama Anda. Enak banget kan?

Keuntungan: modal rendah, banyak fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan
Kelemahan: sangat bergantung pada pihak ketiga, tak jarang ditemukan supplier yang tidak kompeten sehingga merusak nama baik Anda.

Reseller

reseller,peluang bisnis reseller,peluang reseller,produk reseller

Bisnis Reseller = Bisnis Pedagang Online

Reseller adalah pedagang sejati di dunia online. Model bisnis ini lebih layak disebut pedagang online. Sedikit berbeda dengan dropship, sebab ketika menjadi reseller Anda perlu membeli barang dagangan terlebih dahulu dan dijual kembali dengan keuntungan tertentu sesuai kesepakatan dengan supplier. Model bisnis reseller hampir menyerupai bisnis konvensional.

Keuntungan: potensi profit sudah dapat diprediksi sejak awal
Kelemahan: membutuhkan modal yang lebih besar, ada resiko stok barang tidak laku

*****

Setelah mengetahui berbagai bisnis model dan perbedaan reseller, dropship, dan affiliate marketing Anda mungkin bertanya dan penasaran bisnis apa yang menghasilkan lebih banyak uang?

Jawabannya tergantung minat dan komitmen Anda.

Begini gambarannya, bisnis affiliate marketing cocok untuk Anda yang tidak ‘gaptek’ terhadap perkembangan teknologi internet. Sebab Anda akan berhubungan dengan banyak skill teknis seeperti pembuatan website, pemasaran, online advertising, hingga blogging.

Bisnis dropsip cocok untuk Anda yang punya modal terbatas, namun tetap ingin memulai usaha online. Sedangkan bisnis reseller cocok untuk Anda yang sudah memiliki keyakinan akan produk tertentu dan senang memasarkannya.

Jika Anda termasuk tipe orang yang suka berinteraksi dengan orang lain, maka reseller dan dropship cocok untuk Anda. Akan tetapi, jika Anda tidak terlalu menyukai interaksi dengan orang lain, affiliate marketing bisa dijadikan jalan pilihan.

Apapun pilihan bisnis Anda, bila diiringi dengan semangat dan komitmen untuk menjalankannya, saya yakin pada akhirnya Anda akan menikmati kesuksesan di akhir cerita.

Jadi apa pilihan Anda?

 

Salam,

Azis White
Owner Olpreneur.com

Leave a Reply

error: Content is protected !!