Top 10 perusahaan startup tersukses di dunia

Top 10 perusahaan startup tersukses di dunia –  Sejak datangnya era internet, semakin banyak anak muda yang berhasil menjadi miliarder berkat inovasi dan teknologi yang mereka tawarkan. Semua perusahaan ini berawal dari ide sederhana yang ternyata mampu mengubah peruntungan mereka. Dari sebuah perusahaan kecil dengan ide biasa. Mereka berubah menjadi perusahaan startup paling diincar perusahaan besar lainnya. Kini mereka layak menyandang gelar “Perusahaan Startup Tersukses di Dunia”

top 10 perusahaan startup tersukses di dunia

Berikut 10 perusahaan startup tersukses di dunia versi OlPreneur.com

 

Instagram
Aplikasi sharing foto terkenal ini merupakan startup yang paling sering dibicarakan sepak terjangnya sejak tahun 2012. Perusahaan startup ini diakusisi oleh Facebook senilai 1 Miliar Dolar dalam bentuk uang dan saham. Instagram juga mencatatkan pertumbuhan yang mengagumkan sejak dirilis di Android. Hingga kini sudah lebih dari 150 juta pengguna Instagram di seluruh dunia. Facebook selaku pemilik Instagram baru-baru ini mengumumkan Instagram akan dipasangi iklan untuk memonetize layanan popular tersebut.
Kehebatan lain Instagram adalah logo. Gambar logo yang mencerminkan sebuah produk benar-benar diperhatikan oleh Kevin Systrom selaku pendiri Instagram. Logo Instagram sendiri masuk kedalam salah satu dari 15 logo terbaik dan terunik di dunia.

 

Airbnb

 

Website memungkinkan orang yang memiliki ruang ekstra menyewakannya kepada wisatawan. Perusahaan ini memiliki model bisnis sederhana di mana Airbnb mengambil 6% sampai 12% dari biaya tamu dan biaya 3% dari tuan rumah.Situs ini didirikan pada bulan Agustus 2008 oleh Nathan Blecharczyk, Brian Chesky dan Joe Gebbia. Pada bulan Juli 2012, perusahaan memiliki lebih dari 200.000 listing di lebih dari 26.000 kota dan menyajikan di 192 negara dengan lebih dari 1.000.000 host dan wisatawan pada platform.
Selain itu, tahun ini perusahaan itu dikabarkan memiliki valuasi lebih dari $ 2.5 Miliar ketika Peter Thiel, pendiri Paypal, menjadi investor mereka.

 

Github

GitHub adalah startup coding sosial yang memungkinkan pengembang untuk berbagi kode dan menawarkan hosting untuk proyek mereka. GitHub menawarkan akun premium untuk pengembang yang ingin menyelesaikan suatu proyek, dan akun gratis untuk pengembang proyek open source.
GitHub,Inc didirikan pada tahun 2008 dan berbasis di San Francisco, California. Selama setahun sejak awal pendirian mereka, Github memiliki repositori publik sebanyak 46.000, 17.000nya bahkan dari bulan pertama pendirian mereka.  Pada tanggal 19 Desember 2012, GitHub mengumumkan itu lebih dari 2,8 juta pengguna hosting yang memakai lebih dari 4,6 juta repositori.
Seorang investor startup terkenal, Andreessen Horowitz, percaya pada konsep ini sehingga membuat investasi terbesar yang didapat oleh GitHub. Perusahaan ini kini memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang telah menggunakan layanan dan memiliki pendapatan lebih dari $ 99.000.000 dalam pendanaan ventura.

 

Fab.Com
Fab.com adalah sebuah situs ritel online yang menawarkan barang dagangan buatan tangan yang unik. Situs ini membiarkan calon pembeli untuk mencari barang-barang yang lebih unik daripada yang ada di pasaran. Fab.com merupakan situs e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Saat peluncurannya pada tahun 2011, ia hanya memiliki 175.000 user, kemudian melonjak tajam pada Desember 2012 dengan 10 juta pengguna.
Fab didirikan pada bulan Februari 2010 oleh CEO Jason Goldberg (sebelumnya bekerja di XING AG, socialmedian, dan Jobster) dan Chief Design Bradford Shellhammer. Situs ini awalnya dibuat sebagai jejaring sosial sebelum kemudian mengubah haluan menjadi situs e-commerce dengan inspirasi desain sehari-hari.
Tahun ini perusahaan mampu mendapatkan lebih dari $ 100 juta dana ventura.

 

Square, Inc

Square memungkinkan individu dan bisnis untuk menerima pembayaran kartu kredit di ponsel, dengan menggunakan salah satu perangkat plug-in atau memasukkan rincian kartu di telepon. Square mengenakan biaya sebesar 2,75% pada setiap transaksi kartu kredit.
Inspirasi pendirian Square datang dari pendiri Twitter Jack Dorsey pada tahun 2009. Square didirikan oleh Pendiri Twitter Jack Dorsey dan Jim Mckelvey, dan mulai diperkenalkan pada tahun 2010. Kini perusahaan tersebut memiliki lebih dari 400 karyawan.
Pendiri Twitter sendiri banyak berbagi kiat dan tips untuk sukses di dunia entrepreneur. Baca artikel kiat-kiat sukses dari pendiri Twitter.
Valuasi perusahaan tersebut pada September 2012 mencapai $3.2 Miliar.

 

Uber
Uber adalah sebuah perusahaan yang berbasis di San Fransisco yang telah berhasil membuat sebuah aplikasi yang nyaman pada mobil. Kemewahan suatu kota dan pengalaman menjelajahinya dapat ditempuh dengan beberapa klik pada aplikasi Uber. Semua biaya langsung di-charge ke kartu kredit tanpa uang tunai atau dokumen tambahan yang diperlukan.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 oleh Garrett Campand Travis Kalanick. Harga Uber adalah taksi tometered serupa. Jika mobil Uber bepergian dengan kecepatan lebih besar dari 11 mph, harga dihitung secara jarak jauh. Jika tidak, harga dihitung atas dasar waktu. Harga sekitar 50% sampai 75% lebih tinggi dari harga yang dibebankan oleh taksi konvensional.

Dengan hampir $ 50 juta dana ventura dan karena permintaan yang semakin meningkat, pada Juli 2012, perusahaan memasuki pasar Inggris.

 

ZocDoc

ZocDoc membantu orang yang ingin membuat janji dengan dokter secara online dengan cepat dan tepat. ZocDoc telah membuat pertemuan dengan dokter menjadi hal yang nyaman tanpa harus mengantri karena aplikasi tersebut dapat mengaturnya. Keunikan ZocDoc membuat mereka mendapat suntikan dana hingga $95 juta dari investor.
Aplikasi ini dirilis pertama kali untuk publik pada tahun 2007 selama konferensi TechCrunch40. Awalnya terbatas untuk masyarakat yang tinggal di Manhattan. Kemudian layanan tersebut digunakan lebih dari 2 juta orang tiap bulannya, hingga kini layanan tersebut digunakan oleh sekitar 40% populasi Amerika.
Perusahaan ini memiliki valuasi sebesar $ 700 juta.

 

Etsy.com

Etsy adalah sebuah situs web e-commerce berfokus pada barang-barang handmade atau antik serta pasokan seni dan kerajinan. Etsy.com dianggap eBay untuk seni dan industri kerajinan. Kerajinan yang buatan sendiri dan buatan tangan. Platform ini sangat ideal untuk tinggal di rumah ibu dan orang-orang pensiunan.
Platform ini diluncurkan pada bulan Juni 2005. Etsy mendapatkan uang dengan membebankan biaya daftar 20 sen untuk setiap item dan mendapatkan 3,5% dari setiap penjualan. Pada bulan Desember 2010, Etsy memiliki tujuh juta pengguna terdaftar dan diperkirakan ada sekitar $ 400 juta transaksi untuk tahun ini, dan itu akan terus fokus pada masyarakat merasa pribadi seperti tumbuh lebih besar, karena itu adalah bagian dari apa yang membedakannya dari eBay. Pada tahun 2010, pendapatan Etsy meningkat dari $ 180 juta sampai $ 314.000.000.
Pada bulan Mei 2012, Etsy mendapat suntikan dana $ 40 juta dalam pendanaan F Series.

 

Rent the Runway

Perusahaan ini mengelola penyewaan fashion mewah dengan biaya yang lebih murah daripada yang sebenarnya. Penyewa dapat memilih item, memakainya dan kemudian mengembalikannya. Jasa penyewaan ini merupakan hal yang sempurna bagi seseorang yang ingin tampil berkelas di suatu kesempatan atau pertemuan.
Perusahaan ini didirikan oleh dua lulusan Harvard Business School, Jennifer Hyman dan Jennifer Carter Fleiss dan diluncurkan pada bulan November 2009. Per Desember 2011, lebih dari 1,5 juta anggota telah mendaftar ..
Pada tahun 2011, Rent the Runaway memiliki sekitar $ 20 juta dalam pendapatan dan $ 6 juta di 2010.

 

Buddy Media
Perusahaan ini menawarkan beberapa perusahaan terbesar di dunia solusi di media sosial. Tim marketing Buddy Media membantu brand untuk memiliki hubungan yang kuat dengan customer mereka di seluruh dunia. Buddy Media didirikan tahun 2007. Salah satu founder mereka, Michael Lazerow, dianggap sebagai salah satu orang paling disegani dalam pemasaran melalui media sosial. Ia bahkan sempat dinobatkan sebagai Young Entrepreneur of The Year untuk wilayah New York pada tahun 2011.
Buddy Media diakuisisi oleh Salesforce dengan deal senilai $800 juta. Kemudian Lazerow membuat sebuah video inspirasi di YouTube. Ia menjelaskan di video tersebut, pengalaman menghadapi kematian berhasil mengubahnya, dan membantu ia menyadari bahwa ia harus hidup tanpa rasa. takut.

Demikianlah Top 10 perusahaan startup tersukses di dunia versi OlPreneur. Bila ada yang ingin menambahkan, kasih tahu saya lewat kolom komentar.

Leave a Reply

error: Content is protected !!